GLITTER

9 Tips Traveling ke Luar Negeri Tanpa Bikin Banyak Sampah

April, 20 2019 | Glitter

Jangan sampai traveling ke luar negeri malah membuatmu produksi banyak sampah ya

Libur hampir tiba! Adakah diantara kamu yang berencana traveling ke luar negeri dalam waktu dekat? Jika iya, sebaiknya kamu pertimbangkan 8 tips traveling ke luar negeri tanpa bikin banyak sampah berikut ini deh sebelum melancong.

Pasalnya, seringkali aktivitas traveling membuat kita memproduksi lebih banyak sampahdari biasanya. Simak terus penjelasan dari Glitter.id di bawah ini.

1. Bawa botol minuman untuk diisi ulang

Membeli minuman kemasan di destinasi tujuan tidak hanya bisa mengurangi sampah plastik, namun juga membantu kita berhemat saat traveling. Apalagi harga minuman kemasan di luar negeri cenderung lebih mahal dibandingkan di dalam negeri.

Di berbagai negara maju, air keran bisa dikonsumsi secara aman. Jadi, membawa botol minum isi ulang dari rumah akan memudahkan kita untuk minum dan membawa bekal air mineral saat di perjalanan.

Jika air minum di destinasi wisata tujuanmu tidak cukup aman untuk langsung dikonsumsi, bawa filter air minum atau purifier juga ya. Cek terlebih dahulu tentang air mineral di destinasi tujuanmu.

2. Peralatan makan dari bambu

Saat melakukan perjalanan ke luar negeri dengan menggunakan pesawat, kita dituntut untuk menghindari membawa barang-barang yang membahayakan atau terbuat dari bahan tertentu. Karena semua barang yang kita bawa akan melewati metal detector sebelum akhirnya masuk ke kabin dan bagasi pesawat.

Jika kamu ingin mengurangi penggunaan peralatan makan sekali pakai yang terbuat dari plastik, lebih baik bawa peralatan makan berbahan bambu sehingga bisa lolos saat melewati metal detector.

3. Bawa camilan sendiri

KDrama: My First First Love

Melakukan perjalanan tanpa makan camilan adalah sesuatu yang hampir mustahil dilakukan. Camilan merupakan teman perjalanan yang bisa membuat kita lebih rileks karena ia bisa menunda lapar dan juga mengganjal perut di sela-sela jam makan.

Membawa camilan sendiri dari rumah akan membuatmu betah melakukan perjalanan tanpa khawatir kelaparan di tengah jalan. Meski di beberapa jenis transportasi umum menyediakan camilan, tapi sebaiknya kamu berjaga-jaga dengan camilan sendiri ya.

4. Cari tahu cara mengucapkan 'tidak pakai sedotan' dalam bahasa asing di negara destinasi tujuan

KDrama: My First First Love

Demi mengurangi sampah dari sedotan plastik, sebaiknya kamu mencari tahu kata dan pengucapan untuk mengatakan "tidak pakai sedotan" dalam bahasa asing yang digunakan di negara destinasi tujuan. Dengan begitu, kamu tidak perlu kesal dan juga bersusah payah menjelaskannya kepada pelayan restoran maupun kafe saat memesan minuman.

Selain itu, kamu bisa membawa setodan (sekaligus sikat) sendiri yang terbuat dari bambu atau kaca sebagai penggantinya. Jika memungkinkan, kamu juga bisa langsung meneguk minuman dari cangkirnya lho!

5. Pilih es krim cone dibandingkan cup

Beberapa hidangan favorit pelancong di luar negeri adalah es krimnya yang lezat, unik dan juga instagram-able. Jika kamu ingin membeli es krim, pilihlah yang menggunakan cone, dibandingkan cup.

Cup atau wadah gelas kecil yang bisas digunakan untuk makan es krim umumnya menggunakan bahan plastik sekali pakai. Sementara cone, biasanya terbuat dari kue renyah yang juga bisa dimakan bersama es. Pilihan yang terakhir ini lebih ramah lingkungan tentunya.

6. Bawa tempat makan yang bisa dilipat untuk snack dan makanan yang dibawa pulang

KDrama: My First First Love


Ke luar negeri belum lengkap tanpa mencicipi hidangan kuliner di negara tersebut. Persiapkan kotak bekal makanan yang bisa dilipat agar kamu bisa membawa pulang makanan sisa, snack, dan juga untuk membeli makanan yang dibungkus.

Dengan membawa barang sederhana ini, kamu akan berkontribusi lebih banyak untuk meminimalisir sampah dan juga plastik saat berlibur ke luar negeri.

7. Bawa sabun, sampo batang dan deodoran tanpa plastik

Meksipun di sebagian besar hotel berbintang sudah disediakan peralatan mandi, kamu bisa memilih alternatif lain yang lebih ramah lingkungan. Yakni dengan membawa sabun dan sampo batangan, deodoran tanpa kemasan, hingga sikat gigi bambu.

Selain itu, kamu bisa membiarkan peralatan mandi yang disediakan di penginapan untuk dikembalikan ke hotel. Caranya, katakan pada pelayan hotel bahwa kamu sama sekali tidak menggunakan peralatan mandi seperti sabun, sampo, sikat gigi, odol, dll) yang diberikan. Sehingga peralatan itu bisa dialihgunakan untuk tamu hotel lain yang lebih memerlukan.

Sebelum check-out, kamu juga bisa menulis pesan berisi saran untuk hotel agar menyediakan peralatan mandi yang lebih ramah lingkungan. Seperti sabun dan sampo dalam kemasan botol yang besar, sikat gigi dari bambu, dan pasta gigi dalam kemasan yang ramah lingkungan.

8. Tas belanja

KDrama: My First First Love

Saat traveling ke luar negeri maupun dalam negeri, tas belanja tidak boleh terlewatkan. Benda satu ini harus selalu ada di tasmu meski kamu tidak punya niat belanja sekalipun.

Kamu tidak pernah tahu kapan kamu membutuhkan tas belanja dan kapan kamu akan belanja. So, pastikan benda satu ini absen dari tasmu.

9. Cari tahu tempat dan cara pengolahan sampah di destinasi tujuan

KDrama: My First First Love

Di beberapa negara, tempat sampah dan juga cara pengolahan sampah menjadi perhatian utama. Misalnya Jepang. Setiap jenis sampah memiliki tong-nya masing-masing agar tidak tercampur baur dengan sampah lain.

Ini dianggap sangat memudahkan negara untuk mengolah sampah dan limbah untuk didaur ulang. Bahkan di negara tertentu, tong sampah tidak disediakan di setiap sudut kota, melainkan di tempat tertentu di luar jangkauan. Pelajari dan cari tahu soal ini sebelum berlibur ya!

Berbagi Yuk!