GLITTER

6 Tips Piknik di Pantai yang Ramah Lingkungan

April, 16 2019 | Glitter

piknik di pantai makin menyenangkan sekaligus ramah lingkungan

Piknik di pantai merupakan salah satu kegiatan yang disenangi banyak orang. Meskipun begitu, tak jarang kegiatan ini menghasilkan banyak sampah yang menyebabkan pantai menjadi kotor. Untuk meminimalisir terjadinya hal ini, yuk ikuti tips piknik di pantai yang ramah lingkungan berikut ini!

1. Gunakan 1 mobil untuk banyak orang

Hyori's Bed and Breakfast

Jika berpergian beramai-ramai, gunakan 1 mobil saja untuk banyak orang. Pastikan muatan mobil memadai dengan jumlah penumpang ya. Selain lebih hemat bahan bakar, pergi bersama dalam 1 mobil bisa menambah keseruan selama perjalanan!

2 . Daripada membawa minuman botol atau kaleng, lebih baik bawa botol minum isi ulang

Ada kalanya ketika piknik, seseorang ingin membawa berbagai makanan dan minuman yang lezat. Termasuk pula minuman botol atau kaleng yang dijual di pasaran. Entah itu, susu, kopi, ataupun minuman berenergi. Membuat minuman sendiri atau hanya air putih pun bisa mengurangi limbah sampah dan yang jelas lebih sehat!

3 . Bawa camilan ringan yang sehat

Hyori's Bed and Breakfast

Piknik belum lengkap tanpa ada camilan ringan. Ya, kamu bisa membawa bekal makanan sekaligus camilan ke tempat piknik. Bawalah camilan yang sehat dan bergizi seperti sandwich, roti, buah-buahan, atau kue buatan sendiri.

4. Tidak membawa kerang dan kerikil sebagai souvenir

Meski hanya pergi ke pantai, tapi tak sedikit yang ingin membawa kerang dan juga kerikil di pantai untuk dijadikan souvenir, oleh-oleh, bahan prakarya di rumah. Sebaiknya hal ini tidak kamu lakukan ya. Karena kerang dan kerikil dapat membantu menjaga ekosistem di pantai dan biota laut.

5. Gunakan sedotan stainless untuk minum air kelapa

Piknik di pantai memang paling nikmat jika dinikmati sambil minum air kelapa langsung dari buahnya. Nah, jika kamu berencana untuk melakukannya saat ke pantai nanti, jangan lupa bawa sedotan stainless dari rumah ya demi mengurangi limbah sampah sedotan.

6. Kumpulkan sampah dan jangan tinggalkan sampah di pantai

Hyori's Bed and Breakfast

Setelah melewati piknik yang menyenangkan di pantai, periksa kembali sampah yang ada. Sebelum pulang, pastikan sampah-sampah tersebut sudah kamu kumpulkan untuk dibuang ya.

6 kebiasaan di atas bisa bikin piknik di pantai lebih ramah lingkungan dan minim sampah. Coba deh!

Berbagi Yuk!