GLITTER

6 Tips Berpakaian yang Ramah untuk Lingkungan dan Kantong

April, 25 2019 | Glitter

Beberapa tips berpakaian ini membantumu lebih heman namun juga lebih ramah lingkungan

Banyak orang yang ingin tampil keren tanpa banyak mengeluarkan uang untuk penampilan. Namun, tips berpakaian di bawah ini akan membantumu tampil keren namun tetap ramah lingkungan dan ramah di kantong.  Ya, kamu bisa mendapatkan ketiga hal tersebut jika mengikuti 6 langkan di bawah ini. Simak deh!

1. Rawat pakaian yang kamu miliki saat ini dengan sungguh-sungguh

KDrama: Birth of Beauty

Sebagian orang memiliki kebiasaan belanja secara impulsif. Salah satu cara mencegah kebiasaan ini adalah dengan cara merawat pakaian yang kamu miliki saat ini dengan sungguh-sungguh. Ikuti petunjuk yang tertera di label pakaian.

Umumnya, dalam label pakai terdapat aturan untuk merawatnya sehingga lebih awet dan tampak selalu baru. Misalnya, tidak mencuci dengan air panas, menggunakan detergen lembut, tidak mencuci kering, mencuci dengan pakaian berwarna senada, dsb.

2. Belanja pakaian dengan merek yang ramah lingkungan dan ramah di kantong

Beberapa brand pakaian sudah berinisiatif untuk menciptakan pakaian yang lebih ramah lingkungan. Misalnya pakaian yang terbuat dari bahan katun organik, bahan daur ulang, dsb. Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan harga, model, dan warna sesuai dengan keinginanmu.

3. Menabung untuk membeli barang yang berkualitas dan tahan lama

KDrama: Birth of a Beauty

Dibandingkan membeli barang fast fashion, lebih baik kamu menabung sedikit lebih lama hingga dananya terkumpul untuk membeli satu barang yang akan tahan lama dan modelnya sesuai kemauanmu.

Membeli pakaian berkualitas lebih penting daripada membeli pakaian yang hanya menarik di mata namun sangat buruk dalam hal ketahanan. Apakah pakaian tersebut mudah rusak, warnanya cepat luntur, kualitas bahan yang sangat rendah, jahitan tidak rapi, dll.

Lagi pula, orang-orang lebih cenderung menghargai pakaian yang sulit ia dapatkan dibandingkan dengan pakaian yang mudah didapatkan. Sehingga kamu akan lebih menaruh perhatian dan merawatnya dengan baik.

4. Belanja barang bekas

Salah satu cara melestarikan pakaian yang berkelanjutan ialah dengan belanja barang bekas. Meski bagi sebagian orang pakaian bekas terlihat kumuh dan tidak menarik hati, namun nyatanya jenis pakaian ini lebih ramah lingkungan karena kamu bisa 'mengadopsi' pakaian lama agar tidak berakhir di tempat pembuangan akhir.

Lagipula, pakaian bekas umumnya memiliki kelebihan lho! Seperti lebih tahan lama, tidak pasaran, dan juga memiliki desain vintage yang unik.

Setiap pakaian memiliki fungsinya masing-masing. Bahkan ketika pakaian sudah tidak layak pakai, pakaian tersebut bisa diolah menjadi kain lap, kain pel, hingga kain perca.

5. Sewa baju daripada membeli

KDrama: Birth of a Beauty

Untuk event-event spesial, biasanya orang-orang rela membeli pakaian dengan harga fantastis agar terlihat istimewa di hari tersebut. Padahal, mereka bisa menyewa pakaian yang kini sudah banyak tersedia. Kamu bisa memilih jenis pakaian, dan juga lama waktu meminjam.

Selain lebih hemat, tentunya kamu tidak perlu membeli pakaian yang hanya 1-2 kali dipakai. Karena ini berisiko menimbulkan sampah pakaian di kemudian hari.

6. Bertukar pakaian dengan teman, saudara

Memiliki teman atau saudara perempuan yang ukuran pakaiannya mirip dengan kita tidak boleh disia-siakan dong. Ajak mereka untuk bertukar pakaian, entah itu saling meminjam atau memberi.

Alhasil kamu bisa bergonta-ganti pakaian tanpa harus membeli. Penampilan pun jadi terlihat gak membosankan!

Berbagi Yuk!