GLITTER

6 Cara Mudah Memulai Gaya Hidup Zero Waste

January, 10 2019 | Glitter

cara memulai gaya hidup zero waste itu mudah kok!

Tiada hari tanpa sampah. Itulah yang sebagian besar dari kita alami sehari-hari. Mulai dari sampah makanan, sampah dapur, sampah barang belanjaan, sampah pakaian, dll. Zero waste atau dikenal pula sebagai gaya hidup nol sampah merupakan gaya hidup yang menentang masalah sampah yang ada dengan memberi solusi yang efektif. Bukan sekadar go green, tapi ini sudah menjadi gaya hidup dan kebiasaan bagi sebagian orang di dunia.

Gaya hidup zero waste memang cukup menantang, terutama bagi mereka yang masih asing dengan istilah ini. Tapi bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Bagi kamu yang ingin memulai gaya hidup tanpa sampah, coba terapkan cara mudah memulai gaya hidup zero waste berikut ini!

1. Katakan TIDAK pada barang-barang yang tidak kamu butuhkan

zero waste

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menjalani gaya hidup ini adalah menolak barang-barang yang sekiranya tidak dibutuhkan dalam kehidupanmu sehari-hari. Seperti tas kemasan produk/event, sampel produk, dan sebagainya.

2. Kurangi (reduce)

Jika kamu tidak membutuhkannya, jangan beli. Saat melihat barang yang ingin dibeli, tanyakan beberapa hal ini:

  • Apakah barang ini saya butuhkan? Jika ada, maka kamu boleh meninggalkan barang tersebut. 
  • Apakah barang ini tidak ada di rumah? Jika kamu butuh, dan barang tersebut tidak ada di rumah, silakan beli.
  • Apakah barang ini ada di rumah namun rusak? Jika ada namun rusak, usahakan perbaiki atau bawa ke tempat reparasi. 

3. Gunakan kembali (reuse)

reuse

Jika ada barang yang bisa digunakan kembali, gunakanlah. Barang-barang yang bisa digunakan terus menerus sebaiknya terbuat dari bahan yang tahan lama seperti botol minum stainless, kotak makanan stainless/kaca, tas belanja dari kain, dsb. Kamu bisa menggunakan barang-barang yang sudah ada di rumah tanpa perlu membeli yang baru. Misalnya botol minum sekali pakai, plastik kresek, dll.

4 . Perbaiki barang yang rusak

Perbaiki barang-barang di rumahmu yang rusak, atau bawa ke tempat reparasi yang sesuai dengan kerusakannya. Dari pada membeli, lebih baik perbaiki yang sudah ada. Selain hemat pengeluaran, juga gak menjadikan barangmu sebagai tambahan sampah di bumi.

5. Kompos

kompos


Material yang natural seperti sisa makanan alami (sayuran, kulit buah, cangkang telur, rempah-rempah), kertas, karton, hingga dedaunan dapat dijadikan pupuk kompos. Cukup sediakan komposter di rumah, dan kompos sampah untuk dijadikan pupuk. Ini adalah salah satu cara untuk mengurangi sampah sekaligus membuat sampah menjadi hal yang berguna untuk tanah dan tanaman.

6. Daur ulang (recycle)

Jika kamu menemukan sampah yang tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya, coba daur ulang menjadi barang baru lainnya yang memiliki guna. Kreasikan barang lamamu menjadi produk baru. Seperti tas belanja yang dibuat dari baju kaos bekas, botol plastik sebagai hiasan dinding, ataupun baju bekas sebagai lap.

Selain mengingat 6 langkah mudah di atas, pastikan kamu melakukannya berurutan dari nomor 1 hingga nomor 6 ya. Mulailah gaya hidup zero waste dengan melakukan hal pertama. Jika nomor 1 tidak bisa dilakukan, makan coba cara nomor 2, begitu seterusnya. Selamat mencoba!

Berbagi Yuk!