GLITTER

5 Cara Mengurangi Limbah Makanan

January, 16 2019 | Glitter

Dengan mengurangi limbah makanan, kita turut membantu mengurangi persentase 40% makanan yang dibuang di dunia

40% DARI SEMUA MAKANAN YANG TUMBUH, DIPANEN DAN DIPROSES BERAKHIR MENJADI SAMPAH.

Limbah makanan global menjadi salah satu kontributor terbesar emisi gas rumah kaca. Tapi, ada satu hal yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan dampaknya. Mengurangi limbah makanan adalah salah satunya. Oleh karena hampir setengah dari makanan yang kita beli terbuang sia-sia, kita perlu secara efektif mengurangi konsumsi makanan untuk menghindari pemborosan dan mengurangi dampak buruk bagi planet ini. Mengubah kebiasaan makanan sehari-hari akan berdampak besar. Berikut adalah 5 langkah sederhana untuk memulainya.

1. Masaklah bagian akar hingga batang tanaman

manfaatkan seluruh bahan makanan

Simpan daun kembang kol dan panggang menjadi keripik, panggang biji labu dengan sedikit garam dan minyak untuk camilan lezat, dan gunakan batang tanaman herbal sebagai penambah cita rasa masakan. Memasak bagian akar hingga batang tanaman adalah cara yang bagus untuk mengurangi limbah, mengonsumsi nutrisi tambahan sekaligus menghemat uang lho.

2. Kontrol porsi makanmu

Makanlah dalam porsi yang sedang, meskipun terbilang sedikit, ini merupakan cara yang tepat untuk menghindari pembuangan makanan. Mengontrol ukuran porsi makan akan membantu mengurangi pemborosan sekaligus memperpanjang waktu berbelanja, yang pada gilirannya menghemat uang. Win-win!

3. Rencanakan makan

perencanaan makanan

Rencana makan tidak hanya bagus untuk mengurangi sisa makanan, tetapi dapat membantu kami untuk tetap sehat. Merencanakan setiap makanan yang ingin dibeli sebelum berbelanja akanmelatihmu memutuskan apa yang akan dimasak dengan cara membeli jumlah bahan yang tepat yang dibutuhkan untuk makanan.

Jika kamu membeli satu bahan dalam jumlah besar, rencanakan makananmu selama seminggu dengan bahan tersebut.

4. Bekukan makanan yang hampir busuk

Jika kamu menemukan makanan berlebih yang akan segera busuk, jangan takut. Sayuran yang telah berhari-hari disimpan dapat dicincang dan dimasukkan ke dalam freezer. Nantinya bahan makanan yang dibekukan tersebut dapat dinikmati untuk sup atau tumis dalam beberapa bulan ke depan dan dengan teknik yang tepat. Kamu dapat membekukan semuanya tanpa menggunakan plastik.

5. Membuat kompos

pupuk kompos

Setelah dibawa ke TPA, sisa makanan memecah dan melepaskan metana ke atmosfer, gas rumah kaca yang 23 kali lebih kuat daripada CO2. Menggunakan sisa makanan untuk hal yang lebih bermanfaat dapat dicapai dengan membuat kompos dan memberi nutrisi ke tanah dan kebunmu.

Jika kamu tidak memiliki taman ataupun kebun, kamu bisa memberikannya ke teman atau taman umum di sekitar kota. Bagi kamu yang baru membuat kompos, ketahui barang yang bisa kamu masukkan ke dalam kompos.

Meskipun pada awalnya tampak sulit, mengurangi limbah makanan hingga menjadi nol sampah adalah sebuah tantangan yang layak untuk diambil. Juga, lebih mudah dari yang kamu pikirkan.

Berbagi Yuk!