GLITTER

Berhenti Belanja Pakaian Secara Boros dengan 8 Trik Ini

April, 18 2019 | Glitter

Kebiasaan belanja pakaian secara boros memang harus dihentikan sebelum tabungan terkuras

Berhenti belanja pakaian secara boros memang susah-susah gampang untuk dilakukan. Apalagi jika aktivitas belanja secara impulsif sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Bagi kamu ya memiliki kebiasaan ini, berikut 8 trik berhenti belanja pakaian secara boros dari Glitter.id yang bisa diikuti. Simak yuk!

1. Jatuh cinta lagi dengan pakaian yang sudah kamu punya

KDrama: Memories of Alhambra

Bukalah lemari pakaian ketika kamu berniat untuk berbelanja. Ambil pakaian lama favoritmu dimana kamu tahu kalau kamu akan selalu kelihatan keren jika memakainya. Atau mungkin pakaian yang memiliki kenangan tersendiri.

Kamu bisa memadupadankan dengan item lainnya, bereksperimen dengan berbagai warna, kombinasi motif, dan kamu bisa saja menemukan satu gaya yang benar-benar baru.

Buka situs Pinterest jika mengalami kesulitan untuk memadupadankan pakaian lama. Cara ini akan membantumu untuk menahan keinginan untuk belanja, karena pakaian yang kamu inginkan sudah ada di depan mata dan tentunya bisa di mix n match.

2. Buat wishlist

Buat wishlist pakaian yang kamu inginkan dalam kertas atau note di smartphone. Pikirkan baik-baik apa pakaian yang kamu butuhkan dan bisa dipadukan dengan banyak item untuk berbagai kesempatan.

Wishlist di sini berisi barang-barang yang ingin kamu miliki. Bukan karena tren, namun karena kamu sudah memikirkan dan berencana untuk memadukannya dengan pakaian yang sudah kamu punya. Baik itu karena bahan, warna, dan jenis pakaian yang kamu yakin bisa dipadukan dengan barang yang sudah kamu miliki.

Setiap kali kamu ingin membeli suatu pakaian secara impulsif, baca kembali wishlist yang sudah dibuat. Ingat waktu dan idealisme yang sudah kamu tuangkan hingga tercipta berbagai wishlist yang sudah kamu punya.

Ini membantumu agar tidak membeli barang diluar dari wishlist, terdistraksi dengan pakaian yang sedang ngetren, atau menginginkan pakaian yang dikenakan orang lain, dan juga cara ini akan menjagamu agar tetap pada gaya aslimu dalam berbusana. Jadi, jangan melenceng dari wishlist tersebut terlalu jauh ya. 

3. Berhenti browsing

Saat menginginkan suatu pakaian, mungkin kamu cenderung mencarinya secara online. Cara berisiko, karena mungkin saja kamu menemukan suatu barang yang lucu, keren, atau pun yang sedang diskon sehingga mendorongmu untuk membelinya secara impulsif.

Padahal, itu bukan barang yang kamu butuhkan, dan kamu pun sebenarnya tidak pernah berencana untuk memakainya di kemudian hari.

Satu tips: berhenti browsing meskipun kamu hanya sekadar iseng melakukannya. Kamu bisa mengalihkan niat untuk browsing dengan membaca buku, nonton TV Show, atau melakukan hobi lain. Sehingga, energimu akan teralihkan dengan suatu hal yang lebih menarik.

4. Unsubscribe & unfollow

KDrama: Memories of Alhambra
  • Unsubscribe email dari berbagai marketplace dan e-commerce yang seringkali mengirim pesan kalau barang yang mereka jual sedang sale.
  • Unfollow akun sosial media yang selalu memancingmu untuk membeli barang yang mereka posting. Karena, secara tidak sadar mungkin kedua pemicu inilah yang membuatmu sulit untuk tidak belanja.

Kedua hal di atas mungkin menjadi hal yang sangat berat karena kamu terbiasa untuk lebih dulu tahu jika ada diskon dan promo dari sosial media maupun email.

Namun, jika kamu benar-benar ingin berhenti belanja pakaian secara impulsif demi memiliki barang yang benar-benar dibutuhkan, kamu pasti bisa melakukannya. Tentunya dengan niat yang bulat.

5. Block situs belanja favorit

Jika kebiasaan belanjamu cukup parah (misalnya setiap membuka situs belanja tertentu, kamu hampir selalu membeli sesuatu), lebih baik block situs tersebut di laptop, PC, maupun smartphonemu.

6. Sistem satu masuk, satu keluar

KDrama: Memories of Alhambra

Aturan ini berlaku dengan ketentuan, kamu boleh membeli sesuatu yang baru asalkan kamu sudah menyingkirkan satu barang yang kamu punya sebelumnya dari lemari.

Dengan begini, kamu punya alasan kuat untuk membeli suatu barang, bukan karena harganya sedang diskon, modelnya lucu, atau pakaian yang hanya bisa dikenakan satu atau dua kali. Melainkan karena kamu harus merelakan satu barang dari lemari yang mungkin saja barang tersebut sangat kamu sukai.

7. Merapikan dan menyingkirkan

Jika kamu memiliki banyak pakaian di lemari, kamu mungkin akan menemukan barang yang sering tidak kamu pakai, sekaligus pakaian yang sangat kamu sukai. Dalam hal ini, penting untuk merapikan dan mensortir satu per satu pakaian yang dimiliki. Jika kamu belum pernah melakukannya, cobalah dengan metode konmari.

Memang butuh waktu untuk menyingkirkan barang terutama pakaian yang kita punya. Namun, jika kamu hanya memiliki pakaian yang benar-benar kamu sukai dan butuhkan dengan jumlah yang secukupnya, kamu akan selalu ingat setiap helai pakaian yang kamu miliki.

Alhasil, kamu gak akan belanja secara impulsif karena kamu merasa tidak punya baju yang bisa dipakai. Padahal itu karena kamu tidak mengingat dan bisa menemukan pakaian yang ingin kamu kenakan saja kok.

8 . Gaya personal > tren

KDrama: Memories of Alhambra

Gaya personal adalah gaya yang 100% asli dan unik di setiap orang, dan tentunya menyenangkan bagi diri sendiri. Namun, jika kamu masih belum menentukan gaya personal, sebaiknya temukan dulu gaya berpakaian yang biasa kamu kenakan.

Semakin kamu tahu pakaian jenis apa yang sering kamu pakai, pakaian apa yang membuat kamu merasa keren dan juga cocok untuk gaya sehari-hari, semakin kecil kemungkinan untuk belanja jenis pakaian yang tidak sesuai.


Berbagi Yuk!