GLITTER

Self-Care Ternyata Penting Banget! Begini Lho 7 Cara untuk Memulainya

June, 19 2018 | Glitter

Mulai self-care dari hal yang mudah dulu yuk!

Jika kamu berpikir kalau self-care cuma soal meni-pedi atau perawatan diri di salon, sebenarnya self-care gak cuma tentang itu, girls. Pada dasarnya self-care adalah bagaimana cara kita peduli dan dapat memenuhi kebutuhan diri kita dari dalam sehingga bisa balance satu sama lain.

Jika rutin melakukan self-care, kamu bisa lebih bahagia menjalani hidup karena sudah tercipta keseimbangan fisik dan psikis dalam tubuhmu.

Nah, gimana sih caranya memulai self-care ketika kamu gak punya ide apapun tentang cara melakukannya? Well, kamu bisa mencoba memulainya dengan 7 hal dasar ini, girls.

1. Tidur 8 jam sehari

Ya, self-care ternyata bisa dimulai dari hal paling simple dan biasa dilakukan sehari-hari, yakni tidur 7-8 jam per hari. Klasik sih, tapi sebenarnya tidur sangat mempengaruhi stamina dan juga kesehatan mentalmu lho.

2. Hidrasi

Unsplash/Parker Johnson

Hal dasar kedua yang bisa memulai rutinitas self-care kamu adalah menghidrasi tubuh dengan minum dan makan makanan yang kaya air.

Sudah tahu kan kalau air itu penting banget untuk melancarkan darah di tubuh dan otak? Ketika semua organ tubuhmu lancar, tubuh akan happy, dan kamu juga otomatis semakin happy.

3. Makan

Gak perlu yang muluk-muluk atau serba organik kok, yang penting kamu bisa memastikan kalau makanan yang kamu makan itu dapat menutrisi tubuh dan memberikan energi. Kalau udah punya energi, aktivitas juga makin lancar.

4. Bergerak

Unsplash/Sebastian Tiplea

Satu hal yang cukup penting dalam rutinitas self-care adalah bergerak. Baik itu menari, jalan kaki, pemanasan, ataupun olahraga bisa kamu lakukan.

Bagaimanapun, saat tubuh banyak bergerak, ia akan memberimu energi positif yang dapat meningkatkan mood dan stamina. Minimal sempatkan dirimu bergerak selama 10 menit per hari ya!

5. Tarik nafas yang dalam

Tarik nafas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Lakukan ini dalam keadaan dan di tempat yang tenang sehingga kamu bisa benar-benar rileks dan tubuhmu akan berterimakasih jika kamu melakukan hal ini setiap hari.

6. Menulis

Unsplash/Kinga Cichewicz

Setiap hari kamu pasti merasakan sesuatu hal. Apapun: sedih, senang, galau, bahagia, terpuruk. Namun salah satu cara terbaik untuk melepaskan perasaan itu adalah dengan cara menuliskannya di sebuah kertas atau buku harian.

Menulis juga bisa jadi terapi yang baik untuk kesehatan mentalmu girls.

7. Menjaga kebersihan diri

Menjaga kebersihan diri adalah hal paling penting yang mendasar dalam rutinitas self-care kamu. Gak cuma mandi-keramas-sikat gigi aja.

Kamu juga harus memastikan kalau makanan, minuman, kamar, udara dan lingkungan kamu sudah bersih. Kebersihan diri dan lingkungan akan memberikan energi positif yang dibutuhkan oleh tubuhmu.

Gimana, sudah siap menjalani self-care hari ini?

Berbagi Yuk!