GLITTER

30 Cara Self-Care Simple & Gratis yang Bisa Kamu Lakukan Mulai Detik Ini

June, 25 2018 | Glitter

Self-care simple dan gratis yang bisa kamu coba mulai detik ini juga!

Memperlakukan diri dengan baik mungkin dinilai gampang secara teori, tapi ternyata cukup sulit dilakukan secara praktek.

Pada dasarnya memperlakukan dan merawat diri dengan baik cukup simple dilakukan, asal kamu gak muluk-muluk dalam menjalaninya.

Self-care adalah saat di mana kamu bisa mencintai, menghargai, memuji, merenungi dan mengembangkan diri sendiri.

Kedengarannya simple kan? Padahal dibutuhkan kesabaran, ketekunan, kejujuran dan rasa percaya diri sebagai sebuah pengingat yang kita butuhkan setiap saat.

Bersikap baik pada diri sendiri bukanlah tentang perasaan baik aja lho. Lagi pula, melakukan apa yang terasa nyaman di diri kita tidak selalu menjadi hal terbaik bagi kita.

Ini juga berkaitan erat dengan kesehatan mental dan pikiran agar tetap waras dan lebih toleran terhadap diri sendiri.

Jika kita sudah bisa memperlakukan diri sendiri dengan baik, alam bawah sadar kita nantinya akan dapat memperlakukan orang lain dengan baik pula. Win-win.

Kamu bisa mencoba 30 cara self-care simple dan gratis berikut ini. Iya, gratis. Bahkan bisa banget buat dilakuin sekarang juga. Yuk coba!

1. Lakukan selfie, tapi jangan di-post ke sosial media manapun

Kamu cukup perhatikan fotomu dan simpan untuk diri sendiri. Jadilah penggemar pertama yang nge-like fotomu sendiri secara diam-diam.

Betapa kamu beruntung memiliki wajah yang tidak begitu sempurna, namun lengkap tanpa satu hal pun yang kurang di sana :)

Unsplash/Joshua Rawson-Harris

2. Tulislah hal-hal yang membuatmu bersyukur

Buatlah daftar hal-hal yang membuatmu bahagia dan bersyukur. Bahkan sesederhana bangun tidur dalam keadaan sehat dan bugar.

Biarkan dirimu mensyukuri dan menikmati apa saja yang sebenarnya sudah kamu dapatkan dalam hidup selama ini.

3. Membaca satu bab buku

Bacalah buku apapun yang ada di sekitarmu. Entah itu buku favorit, buku yang sudah dibaca, buku yang belum pernah dibaca sama sekali, ataupun novel fiksi milik adikmu.

Segera baca dan habiskan satu bab saja. Lebih baik lagi kalau kamu keterusan membacanya. Bersiaplah menerima energi dan ide baru yang segar!

Unsplash/Annie Spratt

4. Belajar skill baru

Entah itu belajar alat musik baru, belajar bahasa baru, ataupun belajar memasak menu baru, lakukanlah!

Mempelajari hal yang belum pernah dicoba sebelumnya adalah salah satu cara untuk membuat dirimu lebih bersemangat dan percaya diri kalau sebenarnya kamu bisa melakukannya.

5. Merapikan kamar dan tempat tidur

Kamar dan tempat tidur adalah spot yang kamu banget. Di sanalah kamu menghabiskan waktu istirahat bahkan me time.

So, mulai sekarang buatlah kamar dan tempat tidurmu selalu bersih dan rapi. Ganti sprei dan sarung bantalnya sesuai dengan warna favoritmu.

Unsplash/alan KO

6. Buat daftar hal-hal yang kamu syukuri dan sukai dari dirimu

Salah satu cara mengenali dirimu sendiri adalah menuliskan hal-hal positif yang kamu syukuri dan sukai dari dirimu.

Daftar ini penting banget buat mengingatkan tentang betapa kamu begitu berharga dan pantas dicintai.

7. Mengunjungi alam terbuka

Baik itu melakukan kegiatan outdoor bersama teman-teman ataupun sekedar berjalan-jalan di taman terdekat, akan memberikan tubuhmu energi baru.

Apalagi jika kamu terbiasa di ruangan indoor dan jarang melihat pepohonan yang sejuk. Kamu mungkin terlalu sibuk untuk itu, namun sebenarnya tubuhmu membutuhkannya.

Unsplash/Annie Spratt

8. Mengganti kata “Aku perlu” jadi “Aku akan”

Mensugestikan diri dengan kata-kata positif dan optimis akan membuat dirimu lebih termotivasi serta yakin dengan impian yang kamu miliki untuk menjadi nyata.

9. Meditasi selama 10 menit

Meditasi baik untuk melatih konsentrasi dan menenangkan jiwa. Kalau kamu rutin melakukannya, tubuh akan lebih tenang dan kalem serta jadi gak mudah stres.

Unsplash/Ricards Zalmezs

10. Katakan tidak pada hal yang tidak ingin kamu lakukan

Kalau selama ini kamu masih menganggap kata “tidak” sebagai hal yang haram diucapkan, kali ini kamu harus lebih mendengar kata hati dan dirimu sendiri.

Jika dalam dirimu tidak ingin melakukannya, jangan lakukan itu ya.

11. Ganti kalimat negatif dengan kata-kata positif

Jika kamu suka berbicara sendiri (self-talk) dengan konotasi negatif, mulai sekarang cobalah ganti kata-kata di dalamnya dengan kata positif.

Misalnya, daripada mengatakan “aku tidak akan terlambat hari ini”, lebih baik ucapkan “aku akan datang tepat waktu hari ini”. Cukup mudah kan? Kalimat positif juga akan membawamu ke hal positif juga lho.

Unsplash/Camille Orgel

12. Ucapkan “Saya sudah cukup”

Saya sudah cukup cantik, saya sudah berpenghasilan cukup, kesehatan saya juga cukup, dan semuanya cukup. Karena saya tidak perlu meniru orang lain dan saya sangatlah spesial.

13. Jauhkan smartphone selama satu jam

Berikan challenge pada dirimu untuk tidak memainkan handphone selama satu jam lamanya. Lakukan ini saat weekend, sehingga kamu bisa mencari aktivitas lain untuk dilakukan selain memainkan gadget. Dan rasakan sensasinya!

Unsplash/Alexandre Godreau

14. Lakukan hal yang menakutkan untukmu

Takut ketinggian dan gak pernah berani mencoba wahana bermain roller coaster? Mungkin inilah saatnya kamu menabrak perasaan itu dan menganggapnya sebagai remah-remah rengginang yang harus segera disingkirkan.

Cobalah hal itu sekali saja. Kalau orang lain bisa, harusnya kamu juga bisa.

15. Dengarkan lagu-lagu happy dan fokus pada liriknya

Salah satu cara self-care terbaik dan instan adalah mendengarkan lagu-lagu bahagia yang upbeat atau pop. Fokuslah pada lirik-lirik yang tersimpan di dalamnya, tapi jangan sambil melakukan hal lain alias multitask ya.

Bukan gak mungkin kamu akan mendapatkan lirik lagu yang bikin semangat langsung naik kan?

Unsplash/Lastly Creative

16. Tontonlah video-video lucu atau video hewan yang menggemaskan

Video-video lucu memang seringkali sukses membawa mood kita naik level. Dan ini bagus sekali untuk kesehatan mentalmu. Kapan lagi bisa tertawa lepas melihat kekonyolan dari sebuah video?

17. Mewarnai

Mewarnai atau melukis menggunakan cat atau sekedar mengisi warna dalam coloring book akan cukup membantumu menuangkan ekspresi di dalam warna.

Ini juga salah satu cara menghilangkan stress dan kejenuhan.

Unsplash/rawpixel

18. Ubah wallpaper atau screensaver PC dan smartphone dengan gambar yang kamu banget

Memiliki wallpaper atau screensaver yang itu-itu terus setiap hari pasti bikin bosan dan jenuh, namun kamu jarang menyadarinya.

Yuk coba deh ganti wallpaper PC atau smartphone dengan yang lebih happy dan kamu banget.

19. Istirahat dan tidak melakukan apapun selama 20 menit

Berani coba? Biarkan dirimu istirahat dan tidak melakukan apapun selama itu. Tidak tidur, tidak ngemil, tidak main smartphone, tidak juga membaca buku. Intinya gak ngapa-ngapain dan coba rasakan perasaanmu saat melakukannya.

Unsplash/Kinga Cichewicz

20. Katakan ulang saran dari sahabatmu ke dirimu sendiri

Bayangkan apa yang akan dikatakan oleh sahabatmu dengan penuh semangat kepadamu saat kamu sedang down dan katakan itu pada dirimu sendiri.

21. Tuliskan kesalahan-kesalahan yang pernah kamu buat dan ucapkan secara lisan kalau kamu telah memaafkan dirimu sendiri

Cara terbaik untuk move on dari kesalahan di masa lalu adalah menuliskannya dalam sebuah daftar dan tulis sejujur-jujurnya.

Setelah itu, kamu ucapkan secara lisan kalau kamu telah memaafkan satu per satu kesalahan demi kesalahan yang pernah kamu buat.

Unsplash/Hannah Olinger

22. Olahraga selama 20 menit

Dilakukan seminggu sekali, seminggu 3 kali ataupun setiap hari, olahraga memang punya peran yang amat sangat baik untuk tubuh. Gak cuma kesehatan fisik aja lho tapi juga kesehatan mentalmu.

23. Membuat jurnal tentang mimpi dan tujuan hidupmu

Gak peduli seberapa gak realistisnya tujuan hidupmu, kamu harus menuliskannya secara deskriptif dan detail. Catat semua goal yang pernah ada dan muncul dalam pikiranmu.

Kita gak pernah tahu apa yang kamu tuliskan di sana bisa terwujud besok, lusa, satu bulan, satu tahun, atau mungkin 10 tahun mendatang.

Unsplash/Cathryn Lavery

24. Hubungi kembali teman lama

Kamu pasti punya teman SD, SMP, teman sepermainan, atau teman kuliah yang sudah lama tidak bertemu kan? Kamu bisa menghubungi mereka dan bercengkrama kembali.

Percaya deh, menghubungi teman lama bakal ngasih energi baru positif buat kamu. Bisa dari cerita nostalgia kalian ataupun tentang kabar masing-masing.

25. Rapikan satu sudut di kamarmu

Kamu bisa merapikan satu spot istimewa di dalam kamarmu di mana kamu biasa bersantai sambil membaca buku. Entah itu di meja belajar atau di atas karpet dengan tumpukan bantal-bantal empuk yang biasa menemanimu tidur siang.

Unsplash/Emily Marie

26. Tuliskan sebuah surat cinta untuk dirimu sendiri

Ya, layaknya surat cinta ke pasangan, kamu juga butuh dikasih surat cinta dari seseorang yang benar-benar mengenal dan mencintai kamu, yakni dirimu sendiri.

Tuliskan hal-hal yang membuatmu kagum dan menyayangi dirimu layaknya menulis untuk someone yang benar-benar kamu kagumi.

27. Jangan langsung pulang ke rumah setelah bekerja

Sepulang bekerja, mampirlah ke perpustakaan, taman, atau makan malam di luar. Jangan langsung pulang ke rumah layaknya pegawai kantoran pada umumnya.

Biarkan dirimu merasakan suasana di luar pekerjaan dan rumah. Sesekali menikmati suasana malam di kota gak masalah kan?

Unsplash/Felipe Portella

28. Tidur siang sepuasnya

Saat kamu memiliki waktu luang atau saat weekend, jangan sia-siakan waktu siangmu untuk tidur dan beristirahat dengan puas.

Kamu bisa memanfaatkannya untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran setelah beberapa hari kemarin sibuk beraktivitas.

29. Makan snack favoritmu

Setiap orang pasti punya snack atau makanan favorit. Manjakan dirimu dengan makanan-makanan itu biar tubuhmu juga ikutan happy.

Unsplash/Thomas Kelley

30. Bangun pagi dan menyaksikan matahari terbit

Kalau kamu terbiasa bangun di tas jam 7, mungkin kamu gak akan pernah merasakan nikmatnya udara segar saat subuh hari dan syahdunya perjalanan matahari saat terbit.

Sesekali cobalah bangun lebih awal dan keluar untuk menyaksikan perubahan warna langit di pagi hari.

Selamat mencoba dan selalu sayangi dirimu ya!

Berbagi Yuk!