GLITTER

10 Self-Care yang Mudah Dilakukan Bagi Freelancer dan Entrepreneur

June, 19 2018 | Glitter

Freelancer dan Entrepreneur justru paling membutuhkan self-care lho!

Menjadi seorang freelancer ataupun entrepreneur merupakan profesi yang memiliki tantangan tersendiri. Mereka akan menjadi bos bagi diri mereka sendiri dan harus bisa mengatur waktu sendiri.

Gak hanya itu, menjaga kesehatan fisik dan mental juga diperlukan biar bekerja pun semakin produktif. Salah satunya adalah dengan melakukan self-care.

Gimana self-care yang efektif buat seorang freelancer ataupun entrepreneur? Simak tulisan berikut ini!

1. Membuat rutinitas me-time setiap hari

Iya, setiap hari. Kuncinya mendapatkan me-time setiap hari adalah menjauh dari smartphone dan biarkan dirimu menikmati me-time tanpa gangguan dari notifikasi dari smartphone. Kamu bisa melakukan me-time saat pagi hari atau malam hari.

Misalnya, kamu bisa bangun tidur, lalu mempersiapkan sarapan dan persiapan sebelum bekerja tanpa mengecek smartphone terlebih dahulu. Nikmati waktu pagi harimu untuk mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk pikiran dan perasaan yang positif.

Unsplash/Daniel Frank

2. Maafkan dirimu sendiri

Kamu bisa memulainya dengan menghela nafas panjang dan sebutkan satu persatu kesalahan yang kamu perbuat. Entah itu kamu tidak bisa menyelesaikan tugas hari itu, ataupun kamu melakukan kesalahan fatal, berusahalah untuk memaafkan dirimu sendiri.

Kamu adalah manusia sehingga wajar jika kamu belum sempurna dalam menjalankan hidup. Saat sudah bisa memaafkan diri sendiri, kamu akan bisa memaafkan kesalahan orang lain.

3. Sering-seringlah mengatakan “tidak”

Saat kamu menjalankan profesi sebagai seorang entrepreneur, kamu akan mendapatkan banyak ajakan, entah itu meeting, kolaborasi, atau ajakan hangout dengan teman di saat kamu memiliki deadline dirimu sendiri.

Kalau sudah begini, saatnya kamu melakukan self-care dengan mengatakan “tidak” pada ajakan-ajakan yang sebenarnya akan membuat distraksi.

Yang kamu butuhkan adalah fokus terhadap apa yang kamu lakukan sekarang dalam membangun bisnis ataupun menjalankan pekerjaan sebagai pekerja lepas. Bukan melakukan kegiatan yang kurang perlu.

Unsplash/Isaiah Rustad

4. Fokus ke to-do-list hari ini

Cukup fokus dalam mengerjakan to-do-list hari ini saja, kamu sudah bisa dibilang melakukan self-care lho!

Setelah menyelesaikan pekerjaan yang sudah kamu jadwalkan harus selesai dalam satu hari, kamu tidak akan membebankan dirimu dengan terlalu banyak beban dalam satu hari.

Sehingga tubuh akan berterima kasih karena gak harus begadang ataupun lembur. Paling tidak kamu bisa mengetahui porsi pekerjaan yang bisa dilakukan oleh tubuhmu.

5. Mandi dan berpakaian yang wangi, rapi dan bersih

Salah satu kelemahan seorang pekerja lepas atau entrepreneur yang bekerja di rumah ialah bekerja tanpa mandi dan berpakaian layak.

Meskipun di rumah, buatlah dirimu fresh dan tetap bersih dengan cara tidak meninggalkan rutinitas mandi. Meskipun kamu tidak bertemu banyak orang, tapi kegiatan ini juga ampuh membuat sugesti kalau kamu sedang bekerja, bukan bersantai di rumah. Tubuhmu juga butuh kesegaran tuh!

Unsplash/Raluca Georgescu

6. Meminta bantuan orang lain

Gak semua pekerjaan yang kamu lakukan dapat diselesaikan sendiri. Kamu belum tentu bisa menjalankan tugas marketing, designing, ataupun copywriting sendiri kan?

Jika kamu mau mendengar dirimu sendiri, kamu tentu bisa meminta bantuan atau menyerahkan pekerjaan kepada rekan ataupun karyawanmu. Dirimu juga punya batasan kemampuan dan kamu bisa memanfaatkan cara ini juga untuk bekerja lebih efektif.

7. Keluar rumah untuk menghirup udara segar dan melihat mentari pagi

Sebagai seorang yang bekerja di rumah, kamu mungkin menyadari kalau kamu jarang sekali keluar rumah dan melihat suasana pagi di sekitarmu.

Nah, sebenarnya, tubuh juga butuh refreshing dengan cara mudah seperti keluar rumah dan berjalan-jalan ataupun berolahraga di luar rumah. Selain itu, tubuhmu juga butuh asupan vitamin D lho!

Unsplash/Orlova Maria

8. Memiliki rekan kerja

Sebagai seseorang yang bekerja di rumah, kamu membutuhkan rekan kerja dalam membangun usaha ataupun untuk bertukar pikiran dalam membangun bisnis bersama.

Sebab, sampai kapanpun kamu gak akan bisa bekerja sendirian dengan pikiranmu sendiri.

9. Menyempatkan istirahat setiap hari

Gak jarang seorang pekerja lepas ataupun entrepreneur memanfaatkan waktu malamnya untuk melanjutkan pekerjaan daripada beristirahat layaknya pekerja kantoran.

Sebenarnya gak masalah melanjutkan pekerjaanmu di malam hari, asalkan dalam satu hari tersebut, kamu bisa menyempatkan diri untuk beristirahat.

Entah itu berjalan-jalan ke luar rumah, berolahraga sejenak, ataupun melakukan relaksasi diri. Kegiatan ini bagus banget biar kamu gak overworked.

Unsplash/elizabeth lies

10. Liburan

Sekeras apapun kamu bekerja, tubuhmu juga butuh liburan. Pikiran, perasaan, tubuh, semuanya membutuhkan relaksasi dengan liburan. Entah di tempat favorit ataupun di tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.

Intinya, jika kamu seorang pekerja lepas ataupun entrepreneur, kamu tetap butuh self-care yang bisa membantumu tetap sehat secara mental dan fisik. Jangan lupa bahagia dan membahagiakan diri ya!

Berbagi Yuk!