GLITTER

10 Cara Sederhana untuk Lebih Mencintai Diri Sendiri

August, 31 2018 | Glitter

Yuk mulai lebih mencntai diri sendiri lewat 10 hal ini!

Sebagai kontrol utama terhadap diri sendiri, penting untuk menjaga dan merawat tubuh setap hari. Bukan hanya fisik, tapi juga mental agar tetap positif. Salah satu caranya adalah dengan mencintai diri sendiri.

Tapi, gimana sih cara sederhana untuk lebih mencintai diri sendiri? Apa hanya cukup dengan mengucapkan "I love me" setiap hari? Pastinya gak dong. Karena cinta gak hanya cukup dengan kata-kata aja, girls.

Ada banyak hal yang bisa kamu coba untuk mulai mencintai diri sendiri. Berikut ini Glitter.id bagi 10 diantaranya. Simak ya!

1. Ganti pikiran negatif dengan pikiran positif

Kapanpun kamu mendapatkan pikiran negatif di kepala, berusalah untuk berhenti sejenak dan alihkan dengan pikiran positif.

Kamu bisa memikirkan hal-hal yang kamu syukuri saat ini dan memikirkannya dengan penuh rasa  syukur. Jadikan hal ini sebagai kebiasaan agar kamu gak mudah memikirkan pikiran negatif terlalu lama.

KDrama: Wok of Love

2. A bad day doesn’t mean a bad life

Saat mengalami hari yang buruk, kamu perlu menngingat mantra yang satu ini: A bad day doesn’t mean a bad life. Meski kamu merasa kamu mengalami hari yang buruk, bukan berarti sepanjang hidupmu adalah buruk.

Perubahan akan selalu terjadi dalam hidup kita. Gak setiap hari kamu akan mengalami hari yang baik. Pasti ada masalah yang membuat mood buruk, dan ada masanya kamu akan berada di titik terendah dalam hidup.

Di sinilah kamu perlu menyadari bahwa hari ini bukanlah sesuatu yang berarti, perjalanan masih panjang untuk meraih mimpi dan kesuksesanmu.

3. Menjauh dari orang-orang toxic

Kamu adalah seseorang yang dibentuk dari 5 orang terdekatmu saat ini. Jadi, apapun yang kamu impikan, siapa sosok yang ingin kamu teladani adalah tergantung dengan orang-orang terdekat dalam lingkaran hidupmu.

Jika ada orang-orang yang membuatmu gak bahagia, terus-terusan berpikir negatif, mereka gak layak untuk berada di lingkaran terdekat dalam hidupmu.

Kdrama: Wok of Love

4. Selalu mengandalkan orang lain is a big no!

Berusahalah untuk melawan kesulitan dan kelemahan dirimu sendiri. Ketika menyadari bahwa ada sesuatu yang gak beres dan perlu diubah, jangan ragu untuk melawan hal tersebut dan segera memperbaikinya.

Meskipun kamu baru mampu mengawalinya dengan perubahan-perubahan kecil saja. Karena jika bukan kamu sendiri yang berubah, tidak ada seorangpun yang mempu mengubahnya.

Jadi, berdirilah di atas kaki sendiri tanpa menunggu orang lain, oke?

5. Cari motivasi dan bimbingan dari ahlinya

Isilah kepalamu dengan pikiran yang baik, serta pelajaran-pelajaran berarti dari buku keren, mentor, atau acara-acara yang penting dan berguna bagi dirimu.

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dan diserap dari orang-orang yang pernah mengalami hal yang sama denganmu. Apapun masalah yang kamu hadapi, akan lebih mudah jika kamu mendikusikannya dengan orang yang pernah berada di posisimu sebelumnya.

KDrama: Wok of Love

6. Dengarkan apa yang tubuhmu mau dan butuhkan

Mendengarkan secara seksama apa yang tubuh kita mau dan inginkan adalah satu hal terbaik untuk memahami diri sendiri sebelum mencintainya.

Jangan pernah menghukum tubuhmu dengan hal-hal yang gak masuk akal atau bertolak belakang dengan kata hatimu. Perbanyaklah memaafkan diri sendiri atas kesalahan dan ketidaksempurnaan dirimu.

7. Biasakan diri untuk tegas berkata Ya atau Tidak

Lakukan hal-hal yang benar-benar kamu inginkan, bukan karena kamu berpikir kalau kamu harus melakukannya atau atas paksaan seseorang kepadamu. Tapi karena dirimu sendiri.

KDrama: Wok of Love

8. Ucapkan kata-kata baik secara tulus dan ikhlas

Kata-kata punya energi yang besar untuk diberikan pada seseorang. Bahkan ke diri sendiri. Berikan curahn pujian dan kata-kata syukur pada dirimu sendiri. Latih diri untuk mengucapkan kata-kata baik setiap hari dengan tulus dan ikhlas.

Dan, percaya deh, dengan melatih berkata baik kepada diri sendiri akan membuat kita terbiasa berkata baik setiap hari, terutama kepada orang lain. Energi baik yang kamu berikan ke dunia ini akan memberikan energi positif pula ke dalam dirimu.

Ketika kamu menyebarkan energi positif dan membuat orang lain merasa lebih baik, itu akan membuat dirimu lebih positif.

9. Berbahagialah dengan dirimu yang sudah komplit

Berlatihlah untuk merasa nyaman dengan dirimu sendiri tanpa merasa ada sesuatu yang kurang. Gak ada yang gak lengkap dari dirimu karena manusia sudah diciptakan begitu komplit dengan semua kelebihan plus kekurangannya.

Pasangan, sahabat, atau keluarga bukanlah orang-orang yang membuatmu komplit melainkan dirimu sendiri.

KDrama: Wok of Love

10. Luangkan waktu setiap hari untuk self-care

Meluangkan waktu sebentar setiap hari untuk memanjakan diri sendiri adalah bukti kalau kamu memprioritaskan dirimu sendiri.

Meski hanya 10 menit, atau mungkin 1 jam lamanya, pastikan kamu melakukannya ya. Misalnya melakukan prawatan tubuh di rumah, mempersiapkan tidur yang berkualitas, menonton series kesukaan, dsb.

Yuk mulai mencintai diri dengan lakukan 10 hal di atas!

Berbagi Yuk!