GLITTER

6 Hal yang Bikin Kamu Terlihat Gak Profesional Saat di Kantor

July, 19 2018 | Glitter

Hindari 6 hal ini kalau gak mau di-kick dari kantor ya

Kadang ketika sudah bekerja di sebuah perusahaan sekian waktu lamanya, kita jadi merasa nyaman dengan tempat dan suasana yang tercipta di kantor.

Setelah merasa semakin nyaman, rasanya sulit membedakan mana tempat untuk bekerja dan bersantai karena keduanya sama-sama bikin betah.

Perlahan, aktivitas ‘santai’ di rumah jadi terbawa ke kantor. Namun sayangnya kita suka lupa diri dan menganggap aktivitas itu adalah wajar adanya.

Padahal bisa saja kamu jadi kelihatan gak profesional di kantor lho. Sebelum terlambat, lebih baik kamu cari tahu dulu deh 6 hal yang membuat kamu terlihat gak profesional saat di kantor.

Seperti yang Glitter rangkum berikut ini. Apa saja? Simak ya!

1. Mengecek sosial media pada saat jam kerja

Sosial media mungkin sudah jadi teman akrab kita di kehidupan sehari-hari. Tapi apa jadinya kalau kamu mengecek sosial media terus-menerus sampai gak ingat kalau lagi jam kantor?

Pastinya, selain produktivitas menurun, kamu juga bisa ditegur oleh atasan atau rekan kerja lho karena dianggap gak profesional.

Jadi lebih baik cek sosial media pada jam istirahat atau sepulang bekerja aja ya biar lebih aman sekaligus menjaga produktvitasmu!

Unsplash/Gilles Lambert

2. Mengecat kuku

Apakah mengecat kuku jadi salah satu hobimu? Jika iya, tahanlah untuk gak melakukannya saat jam kerja.

Saat mengecat kuku, kamu akan kesulitan melakukan pekerjaan utama untuk beberapa waktu dan bakal terlihat gak profesional di kantor.

Terlebih kamu gak bisa cepat dan tanggap dengan tugas atau pekerjaan untukmu hanya karena menunggu kuku cantikmu jadi.

Unsplash/Element5 Digital

3. Menginterupsi pembicaraan orang lain

Seberapapun kamu merasa pintar dan tahu betul tentang topik yang sedang orang lain bicarakan, kamu gak bisa begitu saja masuk dan nyambung pembicaraan tersebut.

Tindakan itu jelas gak sopan dan bisa menurunkan rasa hormat orang lain padamu. Bicaralah ketika memang kamu punya porsi untuk bicara atau diajak untuk nimbrung dalam pembicaraan tersebut.

4. Mengerjai karyawan baru

Meski kamu sudah bekerja lebih dulu dan bisa disebut karyawan senior, kamu tetap gak berhak buat berlaku seenaknya dengan karyawan baru. Entah itu mempelonco, membully, ataupun sedikit mengintimidasinya.

Karena bisa saja karyawan baru tersebut jadi gak respect dan juga rekan kerjamu yang lain turut gak respect dengan perilakumu yang bikin ilfil.

Lagipula siapa yang tahu karyawan baru tersebut tiba-tiba diangkat jadi atasanmu kan?

Unsplash/John Schnobrich

5. Terlalu terbuka soal kehidupan pribadi ke rekan kerja

Mencoba bersahabat dengan rekan kerja itu sah-sah saja kok. Tapi jika caranya adalah dengan menceritakan semua hal tentangmu, justru bisa membuat mereka ragu apakah kamu bisa menjaga privasi perusahaan dan hal-hal sensitif yang seharusnya dijaga ataukah nggak.

Perlakukan kolegamu sebagai rekan kerja, bukan penonton yang ingin tahu semua hal soal dirimu.

Hindari juga bergosip jika kamu ingin berlatih bersikap bijak. Orang-orang pun akan sulit percaya padamu jika kamu suka menebar gosip lho.

6. Menyepelekan hal-hal dan pekerjaan kecil

Kadang, saat diberi tugas yang kelihatan simple, kamu malah memilih mengesampingkannya. Sayangnya, mengesampingkan hal-hal kecil justru bikin pekerjaanmu menumpuk dan lebih membebani nantinya nih.

Unsplash/Thought Catalog

Kecil ataupun besar pekerjaan yang diberikan padamu, berusahalah untuk menyelesaikannya sesegera mungkin ya. Jangan tunda-tunda apalagi sampai menyepelekannya!

Berbagi Yuk!