GLITTER

10 Hal yang Gak Perlu Kamu Kritik dari Sahabatmu

July, 27 2018 | Glitter

Meski sudah bergelar BFF, kamu dan sahabat tetap punya privasi dong

Memiliki sahabat adalah hal yang menyenangkan sekaligus patut disyukuri. Namun, saat memasuki usia 20 hingga 30an, kamu akan mengalami banyak perubahan dalam menjalin hubungan persahabatan.

Terlebih banyak hal yang membuat hubungan kalian terkadang renggang. Entah karena jarang bertemu dan berkomunikasi atau karena permasalahan-permasalahan lain yang membuat jarak di antara kalian.

Layaknya pasangan, tidak ada sahabat yang sempurna. Sehingga wajib bagi kamu untuk tidak mengkritisi 10 hal tentang sahabatmu berikut ini agar hubungan kalian berjalan awet.

Toh, semakin dewasa harusnya gak perlu banyak drama kan?

1. Dia terlalu sibuk untuk hang out bareng

Siapa sih yang gak mau hangout bareng sahabat? Semua orang asti ingin bertemu dan melepas penat dengan menemui para sahabat.

Namun, harus disadari bahwa kamu gak bisa memaksa mengajak seseorang untuk hangout sementara ia sedang sibuk atau memiliki masalah.

Jika keadaannya begini, bukan marah yang jadi solusinya. Justru kamu bisa menawarkan bala bantuan untuk meringankan bebannya.

KDrama: Reply 1988

2. Dia mengatakan hal jujur namun menyakitkan

Setiap orang pasti ingin mendengar jawaban dan perkataan yang jujur. Apalagi dari mulut seorang sahabat. Saking jujurnya, terkadang sahabat dengan terang-terangan mengatakan hal yang jujur padamu meskipun sebenarnya menyakitkan hatimu.

Jangan marah jika dia berterus terang karena mungkin sahabatmu ingin yang terbaik untukmu. Coba deh telaah kata-katanya dan ambil hikmah dari perbincangan kalian.

3. Caranya menghabiskan uang

Masing-masing orang memiliki cara berbeda dalam mengelola uang mereka. Tak terkecuali juga sahabatmu.

Sebagai sahabat, terkadang kamu ingin ikut memberi pendapat terhadap caranya mengelola uang. Padahal hal tersebut tidak harus kamu lakukan.

Apalagi sampai memarahinya karena dia lebih memilih membeli mobil baru daripada menyicil rumah. Kamu juga gak mau kan disewotin secara lebay soal finansial?

Karena masalah finansial sebenarnya sudah jadi preferensi masing-masing. Berikanlah saran jika diminta.

KDrama: Reply 1988

4. Selera fashion yang dikenakan

Cewek dan fashion adalah 2 hal yang saling berkaitan erat. Dari masa ke masa pun style fashion selalu berganti sehingga wajar apabila setiap wanita memiliki style fashion yang berbeda pula.

Jika sahabatmu memiliki selera fashion yang unik atau gak ngikutin trend sama sekali, bukan hakmu untuk memaksanya bergaya sepertimu ataupun kekinian.

5. Putus dengan pacar

Hampir semua cewek pasti pernah mendengar cerita sahabat yang putus dengan pacarnya. Di satu sisi, kita merasakan kesedihan yang dialaminya.

Alih-alih mempermalukan mereka, atau membuat mereka merasa kalau tidak ada pria lain seperti mantannya itu, ingatlah kalau kamu tidak benar-benar tahu apa yang sudah terjadi dalam hubungan mereka.

Jadi sebaiknya kamu membiarkan sahabatmu untuk tetap tenang dan menikmati masa-masa single-nya.

KDrama: Reply 1988

6. Pilihan karirnya tidak sesuai dengan latar belakang

Kita semua pasti punya impian dan cita-cita terpendam sejak dulu. Namun, jika sahabatmu banting setir dari pekerjaannya sebagai akuntan menjadi seorang pengusaha salon, itu bukanlah sesuatu yang salah dan tidak normal. Apalagi memang itu cita-citanya sejak dahulu. 

Kamu mungkin akan menyadari bahwa dia sedang menyusuri jalan yang salah. Tapi sebenarnya dia sedang berada satu langkah lebih maju darimu saat berani mengambil langkah. Dan tugasmu di sini hanyalah mendukungnya sepenuh hati.

7. Agak menjauh saat ia punya kekasih baru

Jika sahabatmu memiliki kekasih baru, adalah wajar jika intensitas hubugannya bersamamu sedikit renggang. Dan mungkin kamu pernah melakukan hal yang sama saat baru-baru punya pacar.

Hal ini adalah normal dan wajar. Apalagi terjadinya pun hanya untuk sementara saja. Biarkanlah sahabatmu itu bersenang-senang dan menikmati suasana hatinya yang sedang berbunga-bunga. Bukan malah menjauhinya ya.

dramabeans.com

8. Meneleponmu jam 2 pagi

Rasa cemas, galau, ataupun depresi adalah perasaan yang tak kenal waktu dan tempat. Jika temanmu menelepon pukul 2 pagi untuk curhat, bukalah matamu dan dengarkan ceritanya dengan seksama. Karena itulah gunanya sahabat yang sebenarnya, untuk menjadi pendengar yang baik.

9. Hubungan percintaannya

Meski sudah kepo akut, tapi hubungan percintaan sahabatmu dan kekasihnya tidak seharusnya kamu kritisi. Apalagi memberi saran percintaan yang sebenarnya tidak ia perlukan.

Urusannya dengan pasangan cukuplah menjadi privasi mereka berdua. Kecuali sahabatmu yang menceritakannya duluan dan meminta nasehatmu.

KDrama: Reply 1988

10. Hobi dan kepentingan yang berbeda denganmu

Dulu mungkin kalian memiliki banyak kesamaan baik itu soal hobi, pelajaran yang disukai, cita-cita, atau kebiasaan.

Setelah lebih dewasa, kamu akan mnemui sahabatmu dengan gaya, hobi, hingga kepentingan yang berbeda denganmu. Hal ini gak perlu kamu sewotin kok, karena perubahan dan perbedaan ini wajar terjadi.

Apalagi kamu dan sahabatmu sama-sama manusia bisa. Justru kalian bisa mengingat kesamaan kalian waktu dulu sebagai nostalgia.

Berbagi Yuk!