GLITTER

6 Cara Simple untuk Memulai Gaya Hidup Minimalis

July, 8 2018 | Glitter

6 cara mudah memulai gaya hidup minimalis. Coba yuk!

Gaya hidup minimalis alias minimalist lifestyle kian populer di Indonesia. Gaya hidup yang banyak diterapkan oleh masyarakat Jepang ini sangat menginspirasi bahkan sudah mulai diterapkan oleh public figure seperti Marissa Anita.

Aktris sekaligus jurnalis ini menerapkan gaya hidup minimalis dan merasakan dampak yang cukup signifikan. Dia merasa kalau semakin sedikit barang yang dimiliki, rasanya lebih bahagia.

Nah, buat kamu yang tertarik dengan gaya hidup ini, Glitter bakal kasih tips memulai gaya hidup minimalis. Kamu bisa mulai mencobanya dengan membiasakan 6 hal berikut ini. Simak ya!

1. Memastikan kalau barang-barang yang kita punya adalah apa yang kita butuhkan

Kamu mungkin memiliki rumah atau kamar yang luas dan diisi dengan banyak barang yang memenuhi setiap sudut ruang.

Tapi pernah gak sih kamu merasa terlalu sumpek dan merasa pemandangan tersebut mengganggu karena sebenarnya gak semua yang ada itu benar-benar yang kamu butuhkan?

Nah, mulai sekarang kamu bisa menyingkirkan barang-barang secara rutin yang menurutmu tidak akan digunakan lagi atau bisa lebih berguna buat orang lain.

Hasilnya, ruangan di rumah jadi lebih lapang, pikiran pun jadi lebih rileks karena gak ada tanggungan ‘barang’ yang mubazir.

Unsplash/Siniz Kim

2. Memiliki sedikit orang sahabat yang berkualitas lebih baik

Pernah mendengar kutipan quality over quantity? Begitulh lingkaran yang harus kita jaga di dalam kehidupan kita. Gak perlu dekat dengan banyak orang sekaligus kok, toh kita gak akan sanggup untuk berhubungan dengan mereka dan menjaganya untuk terus harmonis.

Cukup miliki orang-orang dekat yang memang berkualitas dan membawa pengaruh positif ke kehidupan kita. Tapi bukan berarti harus pilih-pilih teman ya. Layaknya sahabat, gak semua orang bisa jadi sahabat dekat kita kan?

3. Hanya melakukan aktivitas yang paling dinikmati dan berguna bagi dirimu

Buat apa memaksakan aktivitas yang sebenarnya gak bikin kita enjoy? Buang buang waktu dan tenaga kan? Saat menjalani gaya hidup minimalis, tentu kita akan lebih memprioritaskan sesuatu yang lebih penting untuk menghemat waktu, tenaga dan uang.

Harusnya saat memilih aktivitas juga waktu dan tenaga kita bisa maksimal dengan cara meninggalkan aktivitas yang kurang penting dan gak ada faedahnya.

Unsplash/Daria Shevtsova

4. Memiliki pakaian yang benar-benar dipakai

Pernah terpikir gak kalau ada banyak banget pakaian di lemari kita yang selama ini hanya disimpan tanpa pernah dipakai atau jarang banget dipakai? Sebanyak apapun, biasanya kita akan mengatakan kalau kita gak punya baju padahal di lemari udah numpuk di sana-sini.

Nah, sebenarnya yang membuat kita bingung memilih baju itu karena ada banyak baju kita yang gak terpakai guys, padahal setiap hari baju yang dipakai juga itu-itu aja kan?

Sekaranglah saatnya kamu menyingkirkan baju-baju dan pakaian lain yang jarang dipakai untuk dijual atau diberikan ke yang lebih membutuhkan.

5. Tempat yang seharusnya perlu didatangin

Salah satu prinsip gaya hidup minimalis adalah mengurangi hal yang tidak penting/tidak dibutuhkan, termasuk pula tempat-tempat yang gak seharusnya kita kunjungi.

Coba pikirkan lagi berapa banyak tempat yang selama ini sudah membuat kita kehabisan waktu, uang dan tenaga untuk dikunjungi? Kita menghabiskan banyak waktu di jalan hanya untuk pergi ke suatu yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Unsplash/Scott Goodwill

6. Tidak menghabiskan waktu, uang dan tenaga untuk menarik perhatian orang lain

Dalam gaya hidup minimalis, membeli atau memiliki barang yang sedang ngetren hanya untuk pamer atau post di sosial media itu gak ada dalam kamus.

Selain lebih bijak dalam memfilter apa yang akan masuk ke dalam diri kita, bergaya hidup minimalis harusnya bikin kita stop menyenangkan orang lain dengan cara menunjukkan apa yang kita punya, membeli apa yang orang lain ingin lihat, dsb.

Siap menjalani gaya hidup minimalis?

Berbagi Yuk!