GLITTER

12 Cara Mudah untuk Membuat Hidup Lebih Positif

January, 20 2019 | Glitter

Latih diri untuk membuat hidup lebih positif yuk!

Membuat hidup lebih positif, bagaimanapun menjadi impian banyak orang. Jika ini adalah salah satu resolusimu tahun ini, berikut 12 cara mudah untuk mencapainya!

1. Jadilah diri sendiri

Menjadi siapa diri, karakter, pikiran, perasaan, keputusan, dan perilaku sendiri adalah hal pertama yang harus kamu tanamkan. Karena terkadang, kita menutupi semua itu untuk tampil dengan cara tertentu, untuk menjadi lebih populer atau untuk membuat orang lain menyukaimu.

Tetapi menjadi diri sendiri yang berbeda itu istimewa. Buat pilihan yang mencerminkan siapa pribadimu. Biarkan kepribadianmu bersinar. Jadilah otentik dan terhubunglah dengan orang lain secara otentik, tanpa terlalu khawatir apakah mereka menyukaimu atau tidak.

2. Jangan terlalu peduli dengan apa yang orang lain pikirkan tentangmu

perlunya sikap bodo amat

Kamu mungkin tidak menyukai semua orang yang pernah kamu temui kan? Ya, begitupun orang lain. Tidak mungkin semua orang menyukaimu. Apakah itu soal cara bicara, cara berpakaian, kepribadian, sampai cara makan. Dan itu tidak masalah. Itu sudah menjadi fakta kehidupan, jadi terima saja.

Bersikap baik, sopan, melakukan hal yang benar, menjaga diri, bermurah hati dengan orang lain, bersosialisasi dengan orang-orang, tetapi lakukanlah hal-hal tersebut karena kamu ingin melakukannya, bukan karena mengharapkan seseorang menyukai kamu atau berharap menerima balasannya

3. Tersenyumlah

Ya! Sekalipun keadaanmu sedang buruk, kamu masih bisa tersenyum. Senyum akan memberi sugesti kalau segala sesuatunya akan menjadi lebih baik, dan mengingatkanmu bahwa kamu bisa melewatinya dengan baik-baik saja. Tersenyum, bahkan jika kamu memalsukannya sekalipun, mampu mengirimkan sinyal kebahagiaan ke otak dan endorfin (hormon kebahagiaan) dilepaskan, sehingga kamu merasa jauh lebih baik!

4. Berpikir positif

berpikir positif dan optimis

Kadang-kadang satu hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi apakah mengkhawatirkan segala sesuatunya atau membayangkan hasil terburuk akan membuatmu lebih baik? Tidak! Berpikir negatif membuatmu sengsara dan tidak membuatmu bisa menilai situasi dengan akurat dan jernih.

5. Bersikap optimis

Bersikap optimis tidak berarti kamu berharap akan ada keajaiban datang! Namun ini adalah hal yang dapat otakmu latih. Jika kamu adalah seorang yang optimis, maka kamu percaya bahwa tindakanmu sendiri menghasilkan hal-hal baik yang terjadi dalam hidup; kamu tahu bahwa kamu bertanggung jawab atas kebahagiaanmu sendiri, kualitas hidupmu, dan fakta bahwa ada banyak hal baik yang layak untukmu.

6. Hilangkan kebiasaan mengeluh

berhenti mengeluh

Ketika kamu terus menerus mengeluh tentang teman, pekerjaan, kehidupan, apa pun, satu-satunya hal yang dapatkan hanyalah hidup yang lebih sengsara. Mengeluh adalah penghalang jalan yang membuatmu sulit melangkah lebih jauh ke depan, menemukan kebahagiaan dan ketenangan pikiran.

Ketika kamu mengeluh, kamu memutuskan hubungan dengan dirimu sendiri, karena kecenderungan untuk melihat segala hanya dari masalahnya saja dan bukan solusi. Hubungan dengan teman pun bisa merengga jika mereka bosan dengan keluhanmu. Jadi, mengeluhlah seperlunya, tetapi imbangi dengan tindakan yang membantumu mengatasi kesulitan dan mengelola situasi.

7. Lebih banyak bersyukur

Belajarlah untuk memperhatikan hal-hal positif dalam hidup. Jangan anggap remeh. Akui kebaikan kecil yang terjadi hari ini, kemarin, esok, dan seterusnya. Menghargai itu. Kamu akan menemukan bahwa ada banyak hal substansial yang dapat menentukan kualitas hidupmu.

8. Singkirkan barang yang tidak perlu

bersih-bersih

Mulailah dengan dompet, laci yang dipenuhi sampah, permukaan meja dan lanjutkan dengan lemari pakaian serta area lain di rumah yang perlu dirapikan. Mengaturnya sendiri akan menjadi hal yang menenangkan. Jadwalkan waktu selama 15 menit dan lihat berapa banyak yang dapat kamu rapikan dalam waktu tersebut. Menyingkirkan barang yang tidak perlu akan menciptakan keteraturan dan ketenangan pikiran. Percaya deh!

9. Buat perubahan pada diri sendiri

Buat perubahan pada dirimu sendiri, betapapun kecilnya, itu akan mengingatkanmu kalau kamu memiliki kekuatan batin untuk melakukan apa pun yang kamu inginkan dengan hidupmu. Dan itulah langkah pertama untuk menghasilkan perubahan yang lebih besar. Contohnya, bangun lebih pagi, meminimalisir penggunaan sosial media demi meningkatkan produktivitas, dsb.

10. Ikuti orang-orang positif di media sosial

follow orang-orang yang bermanfaat

Kedengarannya intuitif, tetapi apakah kamu sudah melakukannya? Dan apakah kamu sudah berhenti mengikuti orang-orang negatif? Pastikan bahwa media sosialmu menjadi pengalaman positif tanpa adanya hal negatif, konflik, dan drama yang tidak perlu.

11. Mengikuti rutinitas tidur yang sehat

Rutinitas tidur yang sehat tidak hanya merawat fisik namun juga membantumu memulihkan energi dan membuat suasana hati menjadi baik. Lakukan rutinitas tidur yang rileks dan pastikan tidur 7-8 jam setiap malam.

12. Melangkah keluar dari zona nyaman

cari tantangan baru

Pilih satu hal yang membuatmu merasa tidak nyaman, sesuatu yang telah lama kamu pikirkan tetapi belum mengumpulkan keberanian untuk melakukannya. Apa itu? Buat keputusan sekarang juga untuk sadar dan keluar dari zona nyaman tersebut. Rasakan perasaan yang baik, penghargaan pada diri sendiri, dan rasa puas setelah melakukannya!

Berbagi Yuk!