GLITTER

Selain Lontong Opor, 5 Menu Makanan Ini Juga Cocok Jadi Hidangan Saat Idul Fitri

June, 11 2018 | Glitter

Bosan lebaran makan lontong opor melulu? Ganti dengan 5 hidangan ini aja!

Asyik! Lebaran sebentar lagiiii! Saat mendekati lebaran, seketika pikiran kita jadi membayangkan nastar, kue putri salju, dan... Lontong opor!

Mereka adalah makanan yang hampir selalu hadir di rumah orang-orang yang merayakan lebaran. Lontong opor kerap menjadi hidangan andalan saat hari raya idul fitri. Rasanya lebaran belum lengkap tanpa makanan bersantan satu ini ya, genks!

Tapi, sebenarnya menu hidangan lebaran gak melulu harus lontong opor kok. Ada banyak makanan khas Indonesia yang gak kalah enak dan menggugah selera buat disantap bareng keluarga besar. Seperti 5 menu berikut ini nih!

1. Bakso

www.instagram.com/baksoclubid

Bakso daging sapi memang menggiurkan banget nih buat disantap bareng keluarga di hari raya sambil bersilaturahmi.

Selain hari lebaran aja, bakso sudah jadi pilihan makanan yang menggiurkan buat banyak orang, apalagi di hari spesial idul fitri nanti.

Suasana lebaran yang hangat ditemani kuah bakso panas dengan isian yang tentunya bikin ngiler.

2. Pempek

www.instagram.com/anakmakann

Makanan khas Kota Palembang ini juga bisa jadi pilihan buat menu lebaran nanti. Gurihnya pempek dan manisnya kuah bikin suasana lebaran terasa Indonesia banget.

Pempek juga bikin suasana lebaran jadi gak membosankan dengan pilihan makanannya yang itu-itu aja. Coba deh jelang lebaran ini, kamu belajar membuat pempek.

Kalau sudah bisa dan ingin membuatnya saat hari raya nanti, yakin deh, menu ini bakal jadi sasaran para tamu buat dilahap di rumahmu!

3. Sate ayam/kambing

www.instagram.com/zona.makanan

Ada banyak banget jenis sate yang bisa dihidangkan di meja makan saat lebaran nanti. Misalnya sate taichan, sate madura, sate padang, sate buntel, dan masih banyak lagi.

Tinggal sesuaikan dengan selera masing-masing deh. Kamu tahu kan sate itu salah satu makanan terenak di dunia selain rendang? So, pasti semua doyan dengan makanan satu ini. Terlebih jika disajikan di hari raya.

4. Gulai kambing

www.instagram.com/normahsabran

Hari yang spesial cocoknya ya sama makanan spesial juga dong. Makanan spesial biasanya identik dengan daging-dagingan. Salah satunya olahannya adalah gulai kambing. 

Meski hidangan ini sering disajikan saat hari raya idul adha, tapi gulai kambing juga pas buat hari raya idul fitri lho. kalau perut tamu lebaran nanti kenyang, memaafkanpun jadi terasa lebih mudah gak sih?

Dan, siapa juga yang bisa menolak hidangan gulai kambing yang kaya akan rempah-rempah ini ya...

5. Sop daging

www.instagram.com/partnership.id

Satu lagi makanan yang bisa jadi pilihan untuk hidangan hari raya idul fitri nanti. Yup, apalagi kalau bukan sop buntut gurih dengan kuahnya yang segar.

Lengkapi sop buntut dengan bawang goreng, jeruk nipis, sambal, dan daun bawang ya. Karena bahan pelengkapnya ini jadi bisa jadi kunci nikmatnya sop buntut yang dihidangkan.

Kalau menu makanan ini sih pasti bikin tamu di rumahmu ngantri buat mencicipinya. Percaya deh, suasana saling memaafkan jadi makin nikmat.

Kmu mau menyajikan makanan apa nih saat hari raya idul fitri nanti?

Berbagi Yuk!