GLITTER

Dari Masa ke Masa, 5 Menu Buka Puasa Ini Selalu Hadir di Meja Makan Orang Indonesia

May, 29 2018 | Glitter

Adakah salah satunya di meja makanmu maghrib nanti?

Tradisi berbuka puasa dan juga menu berbuka di setiap negara berbeda-beda. Termasuk pula di Indonesia. Menu berbuka puasa di Indonesia sendiri pun gak banyak berubah nih dari zaman ke zaman. Dan justru itu yang paling di nanti saat bulan Ramadhan datang.

Kali ini Glitter.id bakal bahas menu berbuka puasa yang masih eksis bahkan jadi primadona di meja makan. Adakah salah satunya di meja makanmu maghrib nanti?

1. Kolak

www.bankjim.com

Kolak menjadi hidangan khas sekaligus termasuk menu yang datang hanya di bulan Ramadhan. Gak hany kolak pisang, ada berbagai jenis kolak yang biasa dijumpai di meja makan orang Indonesia seperti kolak biji salak, kolak ubi, kolak durian, hingga kolak candil.

Duh, jadi ngiler deh. Siapa di sini yang penggemar kolak?

2. Gorengan

id.wikipedia.org

Bakwan, tempe goreng, pisang goreng, bola ubi, onde-onde, cireng, tahu isi, cakwe, pastel, uh... semuanya menggiurkan.

Lidah orang Indonesia seolah gak bisa lepas dari gorengan nih. Apalagi gorengan yang masih anget-angetnya, terus dicocolin sambel. Beuh, tiada dua deh. Setuju gak?

3. Sop buah

Youtube/Evan Media

Selain yang manis-manis, berbuka puasa juga paling nikmat jika ada suguhan yang dingin-dingin menyegarkan seperti sop buah. Perpaduan antara manis dan segar dalam sop buah yang kaya rasa ini biasanya juga tersaji di meja makan orang Indonesia lho.

Selain segar, minuman pelepas dahaga ini kaya akan vitamin dari potongan buah di dalamnya.

4. Puding/Agar-agar

Youtube/Resep Masakan Nusantara

Salah satu takjil yang seringkali jadi pilihan untuk berbuka puasa gak lain dan gak bukan ya puding atau agar-agar ini.

Dessert yang biasa dijadikan menu pencuci mulut ini seringkali hadir dalam aneka warna dan rasa. Mulai dari puding buah, puding coklat, puding susu, dan masih banyak lagi. Bahkan ada pula yang diolah dengan kuah santan. Berbuka puasa pun jadi makin nikmat.

5. Jajanan pasar

smg-ss.blogspot.com

Gak bisa dipungkiri menu buka puasa belum lengkap tanpa ada jajanan pasar yang beraneka ragam. Mulai dari kue apem, sus, bolu, arem-arem, klepon, kue putu, putu ayu, kue lumpur, jenang dan masih banyak lagi.

Merekalah yang sanggup mewarnai meja makan kita saat berbuka puasa dengan beragam cita rasa yang ditawarkan.

Nah, di antara 5 menu berbuka puasa di atas kamu paling doyan yang mana nih?

Berbagi Yuk!