GLITTER

7 Langkah untuk Merencanakan Makanmu Selama Seminggu

June, 3 2018 | Glitter

Yuk bikin rencana menu makan mingguan!

Bagi seorang yang sudah berkeluarga ataupun hendak berkeluarga, merencanakan bahan makanan selama seminggu ke depan sudah menjadi hal yang harus diperhatikan.

Bahan apa saja yang harus dibelanjakan agar bisa cukup untuk seminggu kedepan, makanan apa saja yang harus dimasak agar gizinya bisa seimbang, dan lain sebagainya.

Apalagi bagi istri atau seorang ibu. Kebutuhan dapur dan perut kerap menjadi hal paling penting untuk direncanakan. Bener gak?

Nah, dalam merencanakan hal ini, kadangkala kita merasa kesulitan mengaturnya karena ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Biar gak makin mumet, coba deh ikuti langkah-langkah dalam merencanakan makanmu selama seminggu.

1. Mengetahui apa makanan yang benar-benar ingin kamu makan

Satu hal terpenting dalam merencanakan makanan dalam seminggu ialah mengetahui betul apa yang selama ini biasa kamu konsumsi. Hal ini untuk menghindari dari membuang-buang makanan juga lho.

Misalnya, kamu terbiasa mengkonsumsi roti untuk sarapan, berarti kamu harus memasukkan roti dalam daftar belanjaan mingguan.

Begitu pula jika kamu tidak suka makan telur, kamu bisa menyingkirkan telur dari daftar belanjaan. Apapun yang kamu sukai dan tidak suka, sesuaikan dengan daftar belanja, dan jangan mengubahnya.

2. Buatlah daftar belanjaan yang besar

Unsplash/Tom Holmes

Membuat daftar belanjaan yang berisikan banyak item gak selamanya membuatmu boros lho. Malah kamu bisa lebih efektif dan praktis saat memasak jika bahan makanan sudah tersedia di dapur.

Gak ada deh tuh bolak-balik ke warung untuk membeli item dapur yang kelupaan dibeli.

Hal pertama yang harus kamu penuhi ialah stok bumbu dapur yang sudah pasti kamu butuhkan hampir di setiap harinya.

3. Buat daftar bahan makanan tambahan

Saat hendak mencoba resep makanan baru, ataupun masakan yang ingin kamu masak selama seminggu ke depan, pastikan kamu mencatatnya di dalam daftar belanja bahan makanan.

Membuat daftar belanja bahan makanan akan sangat membantumu untuk mengontrol pengeluaran serta memudahkanmu untuk menyiapkan makanan selama seminggu ke depan.

4. Menyiapkan bahan makanan sesegera mungkin

Unsplash/Cel Lisboa

Dalam menyiapkan makanan yang istimewa terkadang membutuhkan keseriusan kokinya dalam mempersiapkan makanan. Jika siap untuk memasak, cobalah sesegera mungkin menyiapkan bahan makanannya.

Misalnya ketika kamu berencana membuat salad, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencuci bahan-bahan utamanya. Kamu juga bisa memotong bawang, membilas dan mengeringkan sayuran untuk persiapan.

Bisa juga memotong beberapa buah di malam hari untuk sarapan esok pagi. Jika kamu menerapkannya, saat pulang kerja dalam keadaan lelah pun, tugas memasakmu akan berkurang karena kamu sudah punya makanan yang lebih siap untuk diolah.

5. Sisa makanan dan freezer adalah penyelamat terbaik

Jangan takut mengkonsumsi makanan sisa kemarin. Selama makanan tersebut masih layak dan aman untuk dikonsumsi, mengapa tidak?

Selama tidak basi dan berpotensi bahaya atau menjadi racun, kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas atau magic jar untuk dimakan keesokan harinya.

6. Jangan terlalu ketat! Perlakukan juga dirimu dengan manusiawi

Unsplash/Charles Deluvio

Meskipun kamu memiliki rencana matang untuk daftar bahan makanan selama seminggu ke depan, jangan siksa dirimu untuk memakan makanan rumah yang sudah kamu buat.

Ada kalanya seseorang bosan makan di rumah dengan menu yang monoton. Jika memang ingin menjadwalkan makan di luar sekali seminggu gak masalah kok.

Asalkan kamu juga memasukkan kegiatan makan di luar tersebut ke dalam daftar rencana makan selama seminggu. Jangan sampai missed!

7. Hapus aplikasi-aplikasi pesan-antar makanan

Jika masih suka tergiur dengan jasa order makanan melalui aplikasi di smartphone, ada baiknya kamu menghapus aplikasi atau akunmu yang sudah terlanjur membuatmu ketagihan.

Dengan begitu, kamu akan lebih disiplin dalam menerapkan daftar makanan yang sudah kamu buat untuk satu minggu.

Selamat mencoba ya!

Berbagi Yuk!